Monday, May 22, 2006

Aga Kareba?

"Aga kareba?" adalah bahasa Makassar atau Bugis dari "Apa kabar?". Jadi kalau di makassar terus ketemu mahluk sini maka kata sapaan yang umumnya adalah "aga kareba?". Tetapi kalau ditanya "aga kareba?" oleh orang sini, maka jawabannya ada 2 versi. Versi Makassar jawabannya adalah "baji-baji" dan versi Bugis jawabannya adalah "madeceng". Beberapa kosa kata Makassar/ Bugis yang agak menarik adalah:
- kita artinya kamu
- doang artinya udang

Jadi nanti kalau ke makassar trus kebetulan dapat teman lawan jenis, misal kamu cowok ada urusan kantor di makassar dan disambut sekondan (teman) cewek makassar yang lumayan cakep, trus malamnya diadakan acara makan malam bersama sekantor rame-rame lalu sesaat sebelum acara makan malam usai sang cewek makassar cakep tersebut bertanya "malam ini kita tidur dimana?".... maka jangan ge-er dulu, boss! weeedeeehhh... itu artinya dalam bahasa indonesia adalah "malam ini kamu tidur dimana?" gitu loh. Kalo kamu cewek ya terserah deh, atur aja, yang penting saya udah kasih tau.

Juga kalo makan ke kantin kemudian mau tambah nasi trus si penjual tanya, "mo pake apa lagi?", maka kalo dijawab "nasi doang aja, bu." maka walhasil yang datang adalah sepiring nasi beserta lauk udang, hehehe... udang gratis??? bukan sayang... itu bayar, soalnya si ibu penjual nasi taunya diminta nasi sama udang. Juga kalo kamu suatu hari punya kelebihan nasi dan ingin di share ke public, maka jangan bilang "saya punya nasi doang pak, mau tidak?" kalo orang tersebut mau, maka jangan heran kalo ditanya "ini doangnya mana, dik?". Jadi pakai kata "saja" agar lebih aman.