Monday, April 16, 2007

Cara Membuat Yoghurt

1. Buat biang yoghurt, siapkan satu sendok teh yoghurt polos untuk setiap 500 ml susu.
2. Seluruh peralatan harus dari bahan non logam, misalkan stainless steel untuk merebus, pengaduk kayu, dan wadah plastik untuk memeram
3. Hindari berbicara dan tertawa selama membuat yoghurt agar susu tidak tercemari bakteri yang dapat menggagalkan fermentasi
4. Larutkan susu bubuk sesuai petunjuk dalam kemasan, lalu panaskan susu hingga beruap, tetapi tidak perlu sampai mendidih, sekitar 50-60 derajat celsius, selama dua menit. Segera matikan api, aduk susu hingga suam-suam kuku, yaitu sekitar 30-40 derajat celsius
5. Campurkan biang yoghurt, lalu aduk. Tuang ke dalam gelas-gelas plastik dan tutup rapat. Diamkan pada suhu kamar selama delapan jam, lalu simpan dalam lemari es sampai saat dikonsumsi
6. Guna memastikan pembuatan yoghurt berhasil, periksa susu yang sudah dibubuhi 4-5 jam setelah diperam. Jika tidak bergumpal-gumpal dan tidak beraroma asam, berarti yoghurt gagal
7. Jika suka yoghurt yang padat, larutkan susu bubuk 3-4% lebih banyak daripada anjuran dalam kemasan atau panaskan susu lebih lama hingga volumenya tinggal sedikit
8. Untuk penyajian yoghurt yang nikmat, bisa sebagai smoothie. Caranya, masukkan dua gelas yoghurt polos dalam blender, tambahkan dua buah pisang Ambon beku dan dua potong nanas beku, yang telah dikupas dan dipotong-potong. Bubuhi dua sendok makan madu. Proses hingga halus dan siap disajikan
9. Selain pisang dan nanas, smoothie bisa dibuat dengan campuran pisang dan strowberi, pisang dan apel hijau, pisang dan jeruk keprok, pir dan peach, atau pasangan mangga dan jeruk keprok
10. Kalau sudah jadi, jangan lupa kirimin saya ya

16 comments:

shanty said...

Salam kenal! Saya iseng coba resep buat yoghurtnya. Semua prosedur udah saya ikuti, kecuali untuk mengaduk saya pakai sendok stainless steel. Tapi kok rasa yoghurt saya super duper pahit ya. Penasaran apa yang salah? Apa biang yoghurtnya atau terkontaminasi ya? Mohon tambahan tips dong. Terima banyak sebelumnya ya.

Fenny said...

salam kenal! saya belom pernah nyoba bikin yoghurt, karena selama ini saya bingung dapetin bakterinya dari mana. sekarang saya jadi tau, makasih ya. btw saya mo tanya untuk menambah rasa buah-buahan supaya rasa yoghurt menjadi bervariasi selain menggunakan buah-buahan asli biasanya mengunakan biang rasa buah. dimana+merk apa yang aman+enak? bagi tipsnya dong. terima kasih

Anonymous said...

makasih tipsnya, gmna cara bikin yogurt dari susu sapi asli baru dari perahan?

tika keren said...

thanks infonya!! skrg sy mw lgsg nyoba! hahaha.. wkt di lab udah prnh nyoba sih cm detail pembuatannya msh kurang jelas

Anonymous said...

Logisch viagra kaufen levitra rezeptfrei bestellen [url=http//t7-isis.org]cialis kaufen rezeptfrei[/url]

Bunda qanita said...

Salam kenal , makasih resepnya, kebetulan saya mau ajarkan ke siswa saya proses produksi dari susu menjadi yoghurt.

Bunda qanita said...

Makasih resepnya..mampir ya ke blog saya..

galeno lazer said...

trima kasih resepnya, saya pernah membuat yogher, lama pemeraman 1 minggu baru menggumpal rasanya asam enak seperti umumnya yoghert, tapi baunya tdk seperti yoghert. apakah yoghert yg saya buat termasuk jadi ato gagal? terimakasih

galeno lazer said...

trima kasih resepnya, saya pernah membuat yogher, lama pemeraman 1 minggu baru menggumpal rasanya asam enak seperti umumnya yoghert, tapi baunya tdk seperti yoghert. apakah yoghert yg saya buat termasuk jadi ato gagal? terimakasih

Anonymous said...

biang yoghurt itu dibuat dari apa?
gimana cara kita dapetinnya??

rica said...

biang yoghurtnya dari mana? beli gitu yah?

adam cakep said...

oke makasih banyak bos atas informasiny

Anonymous said...

hatur nuhun kang info na, bade di cobian>>>>>

Obat Keputihan Herbal said...

makasih resep pembuatan yogurtnya,,,..

Toko segala Jenis Obat Herbal said...

thanks ya

Obat Pembesar Payudara Herbal said...

thanks ya resepnya semoga bermanfaat