Tuesday, October 17, 2006

Kuadran Kiri vs Kuadran Kanan #1

BK: omset apa nih?
Ferdi: bisnis
BK: bisnis apa pak?
Ferdi: saya ada toko hp & jual pulsa, dll
BK: di JKT juga?
Ferdi: iya, semua masih di jkt
BK: modalnya berapa tuh pak?
Ferdi: kecil
BK: kira2 berapa?
BK: tapi lewat dari 10 jt kan?
Ferdi: lupa tepatnya
Ferdi: nggak
BK: di atas 5?
BK: saya juga pengen buka
Ferdi: modal tergantung apa aja yg mo dijual & brp banyak
BK: pak ferdi berapa dulu modalnya? trus hasilnya lumayan ga?
BK: tempatnya kontrak??
Ferdi: modalnya gak besar, lupa tepatnya
Ferdi: sekarang omsetnya sekitar 3 juta/hari
BK: haaaaaaaa???
BK: tempat kontrak??
Ferdi: saya baru ambil tempat baru, kontrak
BK: berapa sebulan kontraknya?
Ferdi: beda-beda, tergantung lokasi
BK: kalo pak ferdi?
BK: itu rumah atau kios?
Ferdi: rata-rata 500 rb/bln deh
BK: haaaaaaaa
Ferdi: knp, pak?
BK: pegnen tau aja
BK: ok deh
BK: saya mo pulang dulu
Ferdi: ok, kalo mau kerjasama, kebetulan saya sudah jadi dealer indosat dan XL
BK: ok
Ferdi: ntar dikasih harga khusus deh
BK: ok

Setahu saya ya, perbedaan antara orang di kuadran kiri dan di kuadran kanan bisa dilihat dari kata-katanya. Dalam menganalisa usaha, orang kuadran kiri cendrung bertanya modalnya dulu baru hasilnya, sementara orang kuadran kanan berfokus pada hasil. Teman saya tersebut kebetulan adalah seorang pejabat di sebuah BUMN.