Monday, May 12, 2008

My First Stock Buying in July 2000

Saya membeli saham pertama saya bulan Juli 2000, waktu itu saya beli saham telkom (TLKM), dan minggu depan sudah untung 11%, dan karena gak ada yang kasih tau untuk jual untuk ambil profit akhirnya saya malah rugi 8%. Tapi saya belajar satu hal yang namanya "gak boleh serakah".

Waktu saham naik saya merasa sangat percaya diri dan mulai menambah lot sampai kemudian saham mulai turun tetapi dengan masih percaya diri yakin bahwa nanti akan naik lagi tapi kenyataannya malah turun terus sampai akhirnya frustasi dan jual dengan loss 8% dan kapok main saham lagi :)

Tapi untungnya saya gak cairkan deposit uang saya di sekuritas sehingga saya kemudian tertarik untuk mencoba lagi. Hal berikutnya yang saya lakukan adalah memborong buku tentang saham yang saya kira bagus di gramedia, kalo gak salah waktu itu habis 800an ribu, dan baca terus di rumah dan di bis (waktu itu saya masih jadi karyawan dan naik bis pula karena uangnya buat main saham, untungnya masih single jadi gak ada yang marah uang saya dihabiskan buat apapun). Saya nongkrong warnet beberapa malam berturut-turut baca semua info tentang saham yang saya temukan di internet, belajar analisa fundamental, analisa teknikal, elliot wave, candle stick, dll sampai saya ketemu web yang namanya mainsaham.com. Situs mainsaham.com adalah forum para trader, penjudi, dan investor saham tapi kebanyakan tradernya, saya belum cek apakah situs ini masih ada atau tidak tetapi saya bertemu dengan banyak orang yang punya ketertarikan yang sama soal investasi saham dan masih berhubungan baik sampai sekarang. Karena forum mainsaham.com sudah mulai ditunggangi oleh kepentingan institusi besar (kalo gak mau dibilang bandar), akhirnya beberapa trader berinisiatif membangun forum baru yang ingin lebih bersih bernama klubsaham.com.

Saya menyarankan action members yang serius belajar saham untuk mendaftar dan mengunjungi www.klubsaham.com terutama bagian Knowledge untuk meningkatkan IQ Saham Anda :)

Akhir2 ini kadang agak sulit membuka www.klubsaham.com karena bandwidth-nya sudah mulai gak cukup lagi. Untuk diketahui, forum klubsaham bukan profit oriented tapi biaya operasionalnya ditanggung oleh para founder dan para dermawan. Jadi kalo Anda merasa telah mendapat manfaat dari forum tersebut, boleh lah sisihkan keuntungan Anda dari saham untuk klubsaham.com :)

Hari ini saya bermain sudah sangat berbeda sekali dengan 8 tahun lalu, salah satunya adalah saya gak main di bluechip lagi seperti saham telkom, indosat, inco, bank mandiri, bumi, astra internasional, semen gresik, dll. Bukan karena saya gak suka main bluechip stock, tapi potensi profitnya kurang dahsyat dibanding saham level 2, level 3 atau level 7 kalo berani, padahal cara analisanya semua sama cuma beli saham blue chip itu relatif lebih aman untuk kantong dan jantung Anda karena pergerakan harganya cukup enak dilihat, bayangkan kalau beli saham level 7 yang harganya cuma 50 perak dengan saham beredar cuma 100 juta maka naik/turun 5 perak aja sudah untung/rugi 10% dan karena kapitalisasinya cuma 5 milyar, cukup mudah untuk bandar yang punya duit banyak memanipulasi pergerakan saham ini untuk mencari untung minimal 100% dengan waktu singkat, tapi kalo kita tau caranya kita malah bisa ikut untung dengan si bandar ini, ingat salah satu kuncinya adalah yang saya sebut di atas yaitu "gak boleh serakah".

Hari ini saya lebih paham dengan investasi saham sebenarnya, seperti Mr. Warren Buffet bilang, "saya membeli saham bukan untuk dijual" dan "time horizon rata-rata saya memiliki suatu saham adalah tak terhingga alias gak pernah niat untuk dijual" sehingga saya gak menghabiskan waktu seharian di depan monitor trading lagi :) Tapi kalo ada saham yang sesuai dengan kriteria saya untuk trading ya saya trading juga :)

Ada 5 keterampilan/skills yang dibutuhkan untuk menjadi master saham atau sophicticated stock investor, yaitu:
1. Keterampilan mencari/menemukan saham yang sesuai kriteria kita
2. Keterampilan analisa fundamental (value)
3. Keterampilan analisa teknikal
4. Keterampilan untuk membaca pasar
5. Keterampilan membaca pergerakan uang besar atau sektor

Insya Allah kapan-kapan saya tulis/terangkan mengenai keterampilan tsb satu-satu.

Tapi semua keterampilan di atas menjadi mandul dan tidak berguna kalau keterampilan yang satu ini tidak Anda bisa lakukan. Keterampilan utama ini adalah keterampilan mencari informasi. Information is a key. Cari informasi dimanapun, dari teman investor, internet, broker, koran, majalah, emiten, dll.

Segitu dulu, mudah-mudahan bermanfaat.