Thursday, February 16, 2012

Kirim pesan ini ke semua teman dan Anda akan mendapat kabar baik

Kadang orang suka kurang berpikir panjang mengirimkan pesan ke teman-temannya. Memang bagi pengguna email dan bbm merasa hampir gak ada ruginya untuk mengirimkan pesan karena biasanya sudah langganan bulanan. Tapi, apa sempat terpikir apakah penerima pesannya akan senang?

Beberapa hari terakhir saya mendapat beberapa pesan yang isinya kurang lebih mengenai sebuah doa atau suatu wirid atau tentang agama yang meminta penerimanya untuk terus mengirimkan kembali pesan tersebut ke teman-temannya atau mendapat kerugian tetapi kalau dikirimkan maka katanya akan segera mendapat kabar baik.

Soal agama, saya cuma percaya Tauhid, Al-Qur'an dan As-Sunnah, selebihnya adalah aneh dan mengada-ada. Mengirim wirid lewat email adalah aneh, mengirim asma Allah SWT untuk disebarkan via bbm adalah aneh, berdoa di dinding facebook adalah aneh dan sesat.

Kalau berdoa di facebook ada gunanya, tolong beri riwayat sahabat atau hadits soal cara berdoa yang baik melalui tulisan, saya yakin gak pernah dicontohkan oleh Rasullullah Muhammad SAW.

Apakah Allah SWT punya account facebook? Tentu gak ada! Kenapa berdoa di facebook? Karena Allah SWT Maha Tahu? Iya, jadi langsung saja berdoa mengangkat tangan dan langsung menyampaikan doa dengan lebih dahulu memuji-Nya. Jadi kenapa ada yang berdoa di facebook? Jangan-jangan karena terkena penyakit Riya, naudzubillahi min dzalik

Apakah ada yang menyadari bahwa berdoa di dinding facebook sama halnya dengan yang dilakukan oleh orang yahudi dengan dinding ratapannya? Orang yahudi berdoa di depan sebuah dinding yang disebut dinding ratapan, kadang menulisnya.

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka”.

Kembali ke pesan yang mengatakan bahwa kalau tidak disebar akan mendapat kerugian dan kalau disebar akan segera mendapat kabar baik, maka ada kabar baik bagi pengirimnya yang kebetulan teman dekat bahwa mereka tidak saya hapus dari daftar contacts saya, sementara mereka yang gak begitu saya kenal maka sorry yaaa saya delete dari contacts

Please, gunakan broadcast secara bijak