Monday, November 27, 2006

Report Seminar Internet Marketing with Anne Ahira

Apa yang disebut Internet Marketing (IM) adalah murni menjual atau menawarkan sesuatu lewat internet.

Strateginya banyak sekali, contoh: pay per "something" advertising, banner advertising, email, search engine, dll. Dari segi pembayarannya dapat dibagi 2 menjadi sistem multi level marketing dan sistem afiliasi.

Sistem afiliasi yang benar-benar mendatangkan uang (menurut Anne Ahira) adalah pay per sale, pay per lead/prospect, dan pay per click. Contoh pay per click adalah google adwords (untuk pemilik iklan) dan google adsense (untuk yang bersedia web-nya menjadi media iklan). Teknisnya, pemilik iklan bekerja sama dengan google dengan anggapan mesin pencari yang paling populer saat ini dapat memberikan leads yang dibutuhkan dengan bayaran mulai dari 5 sen per leads, nilai bayaran tergantung dari harga yang dijual dan tingkat persaingan keyword (google adwords). Google pun memberikan sebagian uang yang didapat dari pemilik iklan ke beberapa orang yang bersedia website-nya dipakai untuk menampilkan iklan dan/atau menempatkan google search engine (google adsense).

Seperti sasaran marketing umum yaitu mendapatkan leads atau prospects, sasaran IM adalah mendapatkan traffic sebanyak-banyaknya. Traffic dapat diartikan banyaknya pengunjung yang datang (leads) di website yang bisa dilihat pada web-counter sederhana yang biasa terpasang pada website atau pada fasilitas webanalizer pengelola webhosting.

Untuk mendatangkan traffic, suatu situs web harus memiliki informasi yang kira-kira diperlukan oleh para pengunjung. Informasi tersebut (isi web) harus bisa di-maintain sebagus mungkin agar dapat memuaskan pengunjungnya sehingga diharapkan akan datang lagi, atau pengunjung berasumsi bahwa web tersebut adalah ahlinya dari informasi yang mereka cari. Tips dari Anne Ahira mengenai isi web seperti itu adalah sesuaikan dengan kemampuan dan cocok dengan diri sendiri, salah satunya mulai dari hobi. Untuk para profesional, isi web dapat disesuaikan dengan demand (kebutuhan) saat ini. Demand ini dapat diketahui dari kata-kata yang paling sering dicari pada mesin pencari, dan tersedia tools untuk menelusurinya, contohnya di Wordtracker dan Overture.

Selanjutnya, website tersebut harus dioptimisasi agar dapat memperoleh prioritas tinggi dari suatu hasil pencarian melalui search engine. Optimisasi harus disesuaikan dengan pikiran search engine robot (SER). SER adalah sebuah sistem program komputer canggih yang akan memberikan hasil pencarian yang menurutnya paling baik dan paling relevan saat itu.
Saat ini, isi web yang paling disukai oleh SER adalah web yang berbentuk Authority Site (AS). AS adalah site yang benar-benar komplit membahas tentang suatu hal, sudah seperti portal yang isinya spesifik (niche), up to date, banyak artikel, banyak resource, banyak fasilitas, dan pokoknya dapat anggap mampu memenuhi keinginan para pengunjung.

Internet marketing terbukti bisa mendatangkan penghasilan bagi pelakunya. Cerita-cerita dari Ahira kemarin bagaimana teman-temannya para internet marketer kelas dunia dan beberapa profesional lain bisa menghasilkan ribuan bahkan puluhan ribu dolar amerika tiap bulan. Hal seperti itu kata Ahira dapat diraih oleh setiap orang, asal orang tersebut mau belajar, dan praktek, kemudian praktek, lalu dipraktekan, selanjutnya praktek lagi, dan akhirnya mempraktekan (BP5).

Salah satu web tempat belajar lebih jauh tentang internet marketing yang sukses adalah AsianBrain yang dikelola oleh salah satu top internet marketer dunia yang disegani, banyak dipuji dan menginspirasikan banyak orang menuju sukses.

AsianBrain adalah pusat pembelajaran Internet Marketing berbahasa Indonesia yang baru diluncurkan. Di dalamnya akan dijelaskan ilmu dasar mengenai Internet Marketing, tools, dan program-program lain bernilai lebih dari 200 juta rupiah, dan hasil dari pembelajaran serta praktek Ahira selama 7 tahun di dunia IM. Ide-ide topik untuk memulai internet marketing (ide bisnis), informasi terbaru, dan interview dengan para IM-ers dunia mengenai bagaimana mereka menghasilkan uang ribuan dolar sebulan juga ada dan di-update terus.

- Selalu belajar dari yang terbaik -