Thursday, May 24, 2007

Kegagalan Fatal Pameran/Bazaar

Awas, Ini Kegagalan Fatal Pameran Anda !

Tahukah Anda?
Berdasarkan hasil riset terkini pakar pemasaran;

Mayoritas pebisnis yang mengikuti pameran, hampir 80% di antaranya, jarang dan bahkan hampir tidak pernah melakukan 'follow-up' terhadap calon atau prospek klien yang diperoleh dari keikutsertaan mereka di ajang pameran.

Selama ini, mayoritas pebisnis berkutat puas pada perolehan transaksi di lokasi pameran. Padahal, diketahui pula dari hasil riset yang sama, bahwa:

a. 90% pengunjung pameran, menganggap pameran sebagai sumber informasi dan referensi utama keputusan pembelian produk yang bersangkutan;

b. 48% dari seluruh pengunjung pameran, setelah pameran usai, rata-rata hanya butuh diyakinkan melalui 'follow-up' sebanyak satu kali, untuk langsung kemudian memutuskan untuk bertransaksi;

c. Bila pebisnis peserta pameran konsisten melakukan follow up berkala, hanya dalam waktu 12 bulan pertama setelah pameran usai, 57% prospek dapat melakukan keputusan pembelian.

Anda sudah punya bayangan sekarang? Bahwa mayoritas dari kita memang lihai dalam menyia-nyiakan peluang:) ... Ah Ha .. berarti sekarang-lah waktunya 'jemput bola' !

Sumber : Annisa - customerladder

Di copy dari blognya mas Eko