Wednesday, December 13, 2006

Tips Menghindari SPAM & Melacak Website Dodol Penjual Alamat Email

Dari milis TDA.

Rekan TDA,
Baru baca - baca PCMild, ada trik menarik untuk utak-atik account gmail kita.
Salah satunya mengenai "Filter & Plus Addressing", maksudnya kitakan sering mendapatkan email berisi SPAM padahal kita sudah menjaga hati-hati email tersebut supaya tidak digunakan para spamer.
Biasanya para spamer itu mendapatkan email kita, ketika kita mendaftar pada suatu situs, apakah menjadi anggota atau untuk mendapatkan sesuatu yang gratis dari si pemilik situs. Kan bisa saja email-email yang sudah terkumpul dijual pada pihak lain oleh si pemilik situs tersebut.
Nah, gmail punya fitur yang bisa melacak situs mana yang telah menjual email kita tersebut. Caranya:
Ketika kita mengisi form pada sebuah situs, maka isi alamat email kita di gmail ditambahkan tanda "+". Misalkan email: parvidia@gmail. com, dan mau mendaftar di www.bravenet. com maka kita isi form isian email sbb: parvidia+bravenet@ gmail.com. Dengan mengisi seperti ini, kita tetap menerima email tersebut di Inbox kita, karena gmail akan menghiraukan segala karakter setelah tanda plus ini. Jadi alamat email parvidia+bravenet@ gmail.com tetap diperlakukan sama dengan parvidia@gmail. com oleh gmail.
Dengan begitu kita bisa melacak jika email kita di jual pada pihak ketiga oleh bravenet, dengan melihat ke bagian "to". Maksudnya gini, apabila kita dapat email, dimana pada bagian to tertulis parvidia+bravenet@ gmail.com tapi dibagian form bukan dari bravenet maka jelas bravenet telah membrikan email kita pada pihak ketiga tanpa seijin dari pemiliknya. Kan kita cuma ngasih ke bravenet alamat email sperti ini. ya kan!!!
Dari sini, kita bisa melakukan filtering untuk memblokir setaip email yang ditujukan ke parvidia+bravenet@ gmail.com. Untuk melakukan filter tentu sudah bisa dong.
--
Regards,
Parvidia